Teknologi Proses

By Pada : 04 Feb 2016, 13:40:07 WIB, - Kategori : TEKNOLOGI PANGANTeknologi Proses

Teknologi Proses adalah kemampuan untuk memahami, mengoperasikan, menutup, menganalisis dan memecahkan masalah proses industri. Teknologi proses mencakup mesin, peralatan dan perangkat yang memberikan kontribusi untuk operasi mengolah bahan dan informasi dan pelanggan untuk menambah nilai. Salah satu contoh penerapan teknologi proses untuk industri, yaitu penerapan pengubahan (kimiawibiokimiawifisik) pada hasil pertanian menjadi produk dengan nilai  ekonomi  yang lebih tinggi seperti Kakao menjadi lemak kakao, bubuk kakao, produk coklat; Kopi menjadi kopi bakar, produk-produk kopi, minumankafein; Teh menjadi produk-produk teh, minuman kesehatan, dll. Produk-produk yang dihasilkan ada yang dapat digunakan secara langsung dari sejak tahap awal, seperti rempah-rempahsari buah dan lainnya, serta ada pula yang menjadi bahan baku untuk industri lainnya, seperti industri makanan, kimia dan farmasi.

Teknologi proses dalam produksi pangan, meliputi pengolahan dengan suhu tinggi, suhu rendah, pengeringan dengan garam, asam, gula, dan bahan kimia, iradiasi, fermentasi, pemanggangan, pemanasan gelombang microwave dan ohmik, ekstrusi dan pengolahan dengan cara menggoreng, termasuk juga pengawetan non termal.

Terdapat 3 macam proses produksi yaitu proses produksi terus menerus, proses produksi terputus-putus dan Proses produksi campuran. proses produksi terus menerus adalah proses produksi barang atas dasar aliran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses.Proses produksi terputus-putus produk diproses dalam kumpulan produk bukan atas dasar aliran terus-menerus dalam proses produk ini.Proses produksi campuranmerupakan penggabungan dari proses produksi terus menerus dan terputus-putus. Penggabungan ini digunakan berdasarkan kenyataan bahwa setiap perusahaan berusaha untuk memanfaatkan kapasitas secara penuh. Untuk mengetahui teknologi proses produksi terbaru, silahkan mengunjungi link-link berikut ini.

 TES