ECluster

By Pada : 15 Sep 2016, 08:38:29 WIB, - Kategori : TEKNOLOGI PANGANECluster

E-cluster merupakan suatu sarana pembelajaran mandiri secara on-line untuk usaha pangan, baik program olahan yang dikemas eceran dan diberi label maupun pangan siap saji yang disusun secara kluster. Sarana ini juga bisa dimanfaatkan untuk para Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) maupun tenaga Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) dan Distric Food Inspector (DFI) serta Fasilitator Keamanan Pangan.

Materi pembelajaran mencakup proses produksi pangan dengan Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB), dengan penekanan dan fokus pada bagaimana cara memproduksi pangan yang aman melalui pengendalian proses, mulai dari layout ruangan produksi, penilaian bahan baku, penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP), hingga pengemasan dan pelabelan pangan. Materi disusun dalam dua versi, yaitu modul lengkap dimana berbagai alasan dan sebab dalam pemilihan bahan baku dan setiap tahap proses produksi diuraikan secara jelas, serta modul popular dan praktis yang merupakan ringkasan praktis dari modul lengkap.

Selain dalam bentuk modul, materi juga divisualisasi dalam  bentuk video keamanan pangan, baik video tentang bagaimana memproduksi pangan yang aman hingga berbagai macam praktek keamanan pangan seperti bagaimana mencuci tangan, membersihkan peralatan, mencairkan pangan beku (thawing), penggunaan minyak goreng, penggunaan BTP, Cara Produksi Pangan Yang Baik (CPPB) dan lain-lain.