Bimbingan Teknis Es Batu Jakarta Dan Surabaya Juli, Agustus 2016

By 05 Des 2016, 00:00:00 WIBKategori-INFO TERBARU
Bimbingan Teknis Es Batu Jakarta Dan Surabaya Juli, Agustus 2016

Keterangan Gambar :


Bimbingan teknis Es Batu Juli, Agustus 2016

 

Es batu merupakan pangan yang sehari-hari dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sebagian masyarakat menganggap es batu bebas dari bahaya mikrobiologi karena suhunya yang rendah; namun hasil kajian mikrobiologi es dan minuman es oleh Badan POM pada tahun 2014 menunjukkan adanya bakteri patogen pada beberapa sampel yang diuji. Semua produk tersebut belum aman dikonsumsi karena adanya potensi bahaya fisik, mikrobiologi, maupun kimia. Salah satu masalah keamanan pangan pada produk minuman es yang masih banyak ditemui adalah kontaminasi mikrobiologi.

Industri es batu yang baik harus memiliki pengetahuan dan komitmen perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen keamanan pangan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) di dalam proses produksi pangan.

Sehubungan hal tersebut Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan mengadakan program pembinaan dan implementasi HACCP di industri es batu  yang diadakan tanggal 25-29 Juli 2016 bertempat di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jakarta Pusat dan Tanggal 8-12 Agustus 2016 bertempat di Hotel Santika Jemursari Surabaya.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan Pembinaan dan Implementasi HACCP di Industri Es Batu antara lain adalah untuk meningkatkan kemampuan industri terutama dalam hal keamanan pangan dan implementasi (penerapan) HACCP di industrinya.  

Peserta sesi pertama di Jakarta terdiri dari 17 industri es batu, dan 20 peserta capacity building yang terdiri dari dinas kesehatan, fasilitator, badan pom, serta Balai Besar POM Jakarta, Bandung dan Serang. Sedangkan peserta sesi kedua di Surabaya terdiri dari 10 industri es batu dan 35 peserta capacity building. Adapun narasumber berasal dari Badan POM, Universitas Atmajaya, UNPAD dan pakar Cold Chain. Materi bimtek meliputi implementasi HACCP dalam industri pangan dan juga mengenai bagaimana pendaftaran produk pangan ke Badan POM. Bimtek dilaksanakan dengan metoda diskusi, simulasi dan presentasi dokumen GMP dan HACCP.

Fasilitasi atau pendampingan akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan, diselingi audit pemeriksaan sarana oleh auditor. Kegiatan ini diharapkan terlatihnya para peserta fasilitator HACCP dan industri mampu mengimplementasikan HACCP di sarana produksinya dan tersertifikasi HACCP oleh pihak ketiga.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

  1. Gastrcik Health Tablet 15 Des 2016, 09:09:02 WIB
    tv indonesia 02 Jan 2017, 02:37:14 WIB

    nice information

    Harga Mesin Cuci 02 Jan 2017, 15:43:39 WIB

    nice information

    kertas kasir 10 Jan 2017, 18:06:06 WIB

    Kalau untuk bimbingan seperti ini adalah hal yang bagus namun sebaiknya dilakukan secara rutin jadi biar ilmunya terserap lebih baik kalau jarang-jarang sepertinya itu kurang efektif, yah itu sih pandangan saya :)

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Ini Membantu Usaha Anda?
  Sangat Membantu Sekali
  Kurang Membantu
  Membantu

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    jasa seo

    Terima kasih atas penjelasan singkat namun padat akan persoalan diatas. Ditunggu lagi ...

    View Article
  • avatar-1

    RSS, RSS Feed

    Need to Improve Website <a href=http://postrss.com>RSS Feed</a> - Post RSS ...

    View Article
  • avatar-1

    Makanan untuk penderita ginjal bocor

    Selamat siang, http://obatpenyakitginjalbocordariteripang.wordpress.com/2 ...

    View Article
  • avatar-1

    Makanan untuk penderita ginjal bocor

    Selamat siang, http://obatpenyakitginjalbocordariteripang.wordpress.com/2 ...

    View Article