UKM PANGAN AWARD TAHUN 2016

By 05 Des 2016, 00:00:00 WIBKategori-INFO TERBARU
UKM PANGAN AWARD TAHUN 2016

Keterangan Gambar :


UKM PANGAN AWARD TAHUN 2016

Setiap tahun Kementerian Perdagangan menyelenggarakan “UKM Pangan Award” untuk memperkenalkan potensi pangan daerah yang merupakan langkah nyata pemerintah dalam menggali potensi produk pangan daerah dan membangun citra produk pangan yang kompetitif.  UKM Pangan Award juga diharapkan memberikan manfaat positif bagi para pemenangnya, khususnya dalam hal peningkatan pemasaran produknya, baik di tingkat regional maupun nasional.

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Noviani Vrisvintati menegaskan, apresiasi pemerintah ini diberikan guna memperkenalkan potensi dan kekhasan produk unggulan daerah yang berkualitas dan berdaya saing.

Kementerian Perdagangan kembali melakukan penjurian bagi UKM yang kreatif dan inovatif di bidang pangan. Tahun 2016 merupakan tahun ke-10 penyelenggaraan UKM Pangan Award. Proses seleksi produk UKM telah dilakukan sejak Juni 2016 sampai 28 Oktober 2016. Sebanyak 417 produk pangan dari 25 provinsi ikut menjalani seleksi, dan akhirnya tersaring sebanyak 304 produk yang lolos seleksi administratif, yang mencakup kelengkapan formulir pendaftaran, legalitas usaha (sudah memiliki izin edar produk pangan yang sesuai dengan ketentuan), gambaran tentang proses produksi dan sertifikasi produk.  Produk pangan yang diikutsertakan dalam UKM Pangan Award tahun 2016 lebih banyak dibanding tahun lalu yang berjumlah 278 produk dari 17 provinsi dan hanya 234 produk yang lolos seleksi administratif.

Adapun kategori pangan yang dilombakan ini terdiri dari produk pangan hasil usaha kecil dan usaha menengah yang masing-masing terdiri dari kelompok bumbu, pangan siap saji, minuman dan camilan.

Produk-produk pangan tersebut selanjutnya dinilai oleh Dewan Juri dari kalangan praktisi di bidang pangan dan industri pangan. Aspek pokok penilaiannya meliputi inovasi, orisinalitas, proses produksi, kemasan dan orientasi komersial.  Dari berbagai penilaian kategori tersebut, juri akan memilih 20 pemenang.  Masing-masing kelompok produk pangan tersebut dinilai mana yang menjadi  juara I dan juara II, mana yang sebagai produk pangan inovasi, sebagai produk buah tropis dan produk unggulan daerah dengan nilai tertinggi.

Proses penjurian UKM Pangan Award pada tanggal 1 November 2016 juga dihadiri beberapa perwakilan ritel modern seperti PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour), Lion Super Indo, Hypermart, Ranch Market, Lotte Mart, Alfamidi, dan Indomaret. Para peritel hadir untuk menilai dari sisi komersil produk pangan yang dilombakan. Dalam beberapa hal, produk pangan yang inovatif dan kreatif belum tentu mampu masuk ke pasar (ritel) karena belum memenuhi kriteria nilai tambah yang bisa dijual ke konsumen.

Siapa pemenangnya ? ....... Tunggu informasi hasil penilaian dewan juri yaa ....

Para UKM Pangan lainnya, siap-siap ikut tahun depan ya .... jangan mau kalah dengan mereka yang ikut tahun ini. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Direktorat Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri – Ditjen Perdagangan Dalam Negeri – Kementerian Perdagangan, Telp/Fax: 021- 3524919/021- 3509541, Jl. M.I Ridwan Rais No. 5, Jakarta 10110.

 

 
Dewan Juri bersama  Direktur Penggunaan dan Pemasaran  Produk Dalam Negeri berfoto dii depan Produk Pangan UKM yang  akan dinilai


Dewan Juri sedang berdiskusi tentang produk UKM yang  akan menjadi juara


Sebagian dewan juri dan seorang wakil ritel sedang  mencicipi produk pangan UKM


Sebagian dewan juri di depan produk UKM yang diunggulkan  sebagai kandidat calon juara


Sebagian dewan juri sedang menilai produk pangan UKM

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. Calcium Softgel 15 Des 2016, 08:56:56 WIB

    Mantap dah .. selamat yang menjadi juara
    calciumsoftgel.xyz

    Lycopene Softgel 15 Des 2016, 09:20:06 WIB

    selamat ya ... lycopene-softgel.xyz

    Opc Plus Capsule 15 Des 2016, 09:22:31 WIB

    Nice... | opcplus-capsule.xyz

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Ini Membantu Usaha Anda?
  Sangat Membantu Sekali
  Kurang Membantu
  Membantu

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    jasa seo

    Terima kasih atas penjelasan singkat namun padat akan persoalan diatas. Ditunggu lagi ...

    View Article
  • avatar-1

    RSS, RSS Feed

    Need to Improve Website <a href=http://postrss.com>RSS Feed</a> - Post RSS ...

    View Article
  • avatar-1

    Makanan untuk penderita ginjal bocor

    Selamat siang, http://obatpenyakitginjalbocordariteripang.wordpress.com/2 ...

    View Article
  • avatar-1

    Makanan untuk penderita ginjal bocor

    Selamat siang, http://obatpenyakitginjalbocordariteripang.wordpress.com/2 ...

    View Article