BULAN KEAMANAN PANGAN NASIONAL, Jakarta 21 April 2015

By 29 Nov 2016, 00:20:16 WIBKategori-INFO TERBARU
BULAN KEAMANAN PANGAN NASIONAL, Jakarta 21 April 2015

Keterangan Gambar :


Dalam rangka partisipasi aktif Badan POM menyukseskan Hari Kesehatan Sedunia tahun 2015 dengan tema Food Safety, diselenggarakan Bulan Keamanan Pangan Nasional, dengan tema “Mewujudkan Pangan Aman Hingga Tingkat Perseorangan Melalui Edukasi Keamanan Pangan Berbasis Masyarakat”. Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya keamanan pangan di Indonesia dan mendorong masyarakat/konsumen untuk secara mandiri mampu memastikan bahwa pangan yang akan dikonsumsi aman, bermutu, dan bergizi.

 

Rangkaian acara Bulan Keamanan Pangan Nasional Badan POM diawali dengan Gebyar Bulan Keamanan Pangan pada tanggal 9 April 2015 di Gedung C Badan POM RI, yang dihadiri oleh 150 peserta yang berasal dari lintas sektor dan tokoh-tokoh komunitas masyarakat yang akan menjadi perpanjangan tangan dalam edukasi masyarakat. Acara dibuka oleh Kepala Badan POM RI, yang menyampaikan peranan penting rumah tangga/keluarga dalam menjaga keamanan pangan. Prosesi pembukaan keamanan pangan ditandai dengan pemasangan puzzle yang bertuliskan “PANGAN AMAN UNTUK SEMUA” oleh Kepala Badan POM RI, Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan, Ketua KOWANI dan Ketua Persaudaraan Istri Anggota DPR.

Acara selanjutnya adalah pemberian sertifikat GMP kepada PT. Indovera Biotech, UD. Cipta Mandiri Abadi, Evyna Food, Sakana Indo Prima, PT Anofood Prima Nusantara dan Surat Persetujuan Pendaftaran/Nomor Ijin Edar kepada PT. Prima Agritech Nusantara. Kemudian acara dilanjutkan dengan Talkshow Keamanan Pangan dengan tema “Pangan Aman bersama Keluarga Cerdas” dengan narasumber Kepala Badan POM RI dan dipandu oleh Mona Ratuliu. Acara Gebyar Keamanan Pangan juga dimeriahkan dengan demo masak yang dilakukan oleh Chef Caca (runner up master chef junior). Peserta antusias mengikuti acara yang berlangsung, hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan seputar keamanan pangan yang disampaikan oleh peserta dan pernyataan dukungan dari peserta terhadap program keamanan pangan yang digagas oleh Badan POM RI.

 

Bulan Keamanan Pangan tidak berhenti sampai acara Gebyar Keamanan Pangan saja namum masih berlanjut dengan dilaksanakannya beberapa workshop di setiap minggu selama bulan April, antara lain Workshop Keamanan Pangan bersama Indonesian Chef Association, Workshop Pengembangan Kompetensi Keamanan Pangan, dan Workshop Pengembangan Kebijakan Pangan; Pertemuan Jejaring (Jejaring Intelijen Pangan, Jejaring Promosi Keamanan Pangan, dan Jejaring Keamanan Pangan Nasional); Forum Diskusi Peningkatan Daya Saing UMKM, dan Sustained Training Mission (STM) on Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF); Publikasi Produk Informasi Keamanan Pangan, Permainan Seri Keamanan Pangan dan Talkshow bertema “Keamanan Pangan Es Batu”.

 

Selanjutnya acara Gebyar Keamanan Pangan telah menghasilkan gerakan nyata. Kowani yang beranggotakan 86 organisasi perempuan telah menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan tanggal 24 April 2015 yang dihadiri 75 peserta dari berbagai organisasi dan diisi oleh BBPOM di Jakarta. Adapun PIA DPR RI telah menyelenggarakan kegiatan Keamanan Pangan bekerjasama dengan Humas Badan POM tanggal 20 Mei 2015. Dengan bergeraknya para tokoh yang menjadi simpul masyarakat tersebut tentunya akan menghasilkan edukasi masyarakat dengan lebih sistematis dan terarah.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

  1. hepatsure capsule 03 Des 2016, 05:03:11 WIB
    Mata Belekan Tradisional 06 Des 2016, 12:55:45 WIB

    http://jelygamatgoldg.web.id/ob4t-mata-belekan-tradisional /
    hai gan / sist ya sorry I visit your article, because I am really interested sihh, it lohh article. oh he me it was fine the passengers, passengers kept a link wrote not nyepam kok.he Thank you :)
    By : http://jelygamatgoldg.web.id/

    Jelly Gamat QNC 01 Jan 2017, 07:46:43 WIB

    Nice information - jellygamat-qnc.xyz | http://carapemesananjellygamatqnc.xyz

    Web Design Jakarta 06 Jun 2017, 14:08:00 WIB

    Makin bagus konsisten dalam pengamanan makanan dan minuman agar tidak ada orang yang mengambil hal yang tidak sesuai prosedur.

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Ini Membantu Usaha Anda?
  Sangat Membantu Sekali
  Kurang Membantu
  Membantu

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    Cara Mengobati Penyakit Kuning

    terima kasih banyak atas informasi yang telah disampaikan, kami tunggu artikel ...

    View Article
  • avatar-1

    Eddie Fox

    Apakah Anda memerlukan pinjaman? Pinjaman pribadi, pinjaman perusahaan, pinjaman untuk ...

    View Article
  • avatar-1

    Doimic Hannolero

    Saya Mr.Doimic Pengelolaan Investasi Pribadi, sah dan Diakui peminjam. Saya ingin ...

    View Article
  • avatar-1

    Doimic Hannolero

    Saya Mr.Doimic Pengelolaan Investasi Pribadi, sah dan Diakui peminjam. Saya ingin ...

    View Article