BULAN KEAMANAN PANGAN DI SORONG DAN RAJA AMPAT 1,2 Juni 2016

By 05 Des 2016, 00:00:00 WIBKategori-INFO TERBARU
BULAN KEAMANAN PANGAN DI SORONG DAN RAJA AMPAT 1,2 Juni 2016

Keterangan Gambar :


BULAN KEAMANAN PANGAN DI SORONG DAN RAJA AMPAT

tanggal 1,2 Juni 2016

 

Masih dalam rangkaian Bulan Keamanan Pangan, Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan menyelenggarakan serangkaian kegiatan keamanan pangan terpadu di kota Sorong (tanggal 1 Juni 2016) dan Kabupaten Raja Ampat (tanggal 2 Juni 2016) dengan tema “Keamanan Pangan untuk Mendukung Sektor Pariwisata”.


Pengantar dari wakil BPOM di Monokwari, Lucas Doso Nugroho

 

Rangkaian kegiatan meliputi workshop dan lokakarya lintas sektor, pelatihan keamanan pangan bagi petugas daerah, monitoring program keamanan pangan, dan kunjungan lapangan dalam rangka bimbingan teknis keamanan pangan. Kegiatan ini melibatkan pemerintah Kota Sorong, pemerintah Kabupaten Raja Ampat dan petugas Balai POM di Manokwari.


Sambutan Kades Rufei : Maria Konjol

 

Acara di kota Sorong dilalukan di desa Rufei. Acara diawali dengan lagu Indonesia Raya dan Tanah Papua, dilanjutkan sambutan Kepala Desa Rufei Ibu Maria Konjol, SSos, sambutan Asisten 2 Kota Sorong sekaligus Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, sambutan Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan yang dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan kepada Kepala Desa Rufei.



Sambutan Asisten 2 Kota Sorong Sekaligus Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong

Kemudian sahabat POMPI dari SD Negeri 24 Rufei menampilkan fragmen Animasi POMPI Akibat Salah Makan, Jingle Theme Song POMPI dan Lagu Aku Papua serta Tarian Khas Papua. Pada kesempatan ini juga dilakukan launching Laboratorium Mini Pasar Sentral Remu yang melibatkan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) kota Sorong dan pemusnahan produk ilegal hasil pengawasan Balai POM di Manokwari. Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) di desa Rufei turut berpartisipasi dengan memajang hasil produksi mereka.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dibagi menjadi 4 kelompok acara, yaitu acara Gerakan Keamanan Pangan desa (GKPD) yang melibatkan kelompok kader keamanan pangan desa, Bimbingan teknis Cara Produksi Pangan yang Baik untuk IRTP yang melibatkan kelompok IRTP, Sosialisasi Keamanan Pangan Anak Sekolah yang melibatkan kelompok komunitas sekolah, dan workshop advokasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) yang melibatkan kelompok lintas sektor.


Sambutan Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan : Halim Nababan

Untuk rangkaian acara/kegiatan keamanan pangan terpadu di kabupaten Raja Ampat pada tanggal 2 Juni 2016 yang dipusatkan di kelurahan Waisai, tim langsung dibagi menjadi 4 kelompok seperti halnya acara di Sorong. Karena di Raja Ampat belum pernah dilakukan kegiatan Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), maka acara lebih ke arah sosialisasi GKPD. Lurah Waisai, Syawaluddin Taesa, sangat tertarik dengan kegiatan ini dan meminta Balai POM di Manokwari untuk menyelenggarakan kegiatan GKPD di wilayah mereka pada tahun yang akan datang.

Inti rangkaian acara kegiatan keamanan pangan terpadu, baik di Sorong maupun Raja Ampat, adalah penyampaian materi dan diskusi masalah keamanan pangan dengan berbagai pihak di suatu desa atau kelurahan, mulai dari kader keamanan pangan desa/kader desa, pelaku usaha IRTP, komunitas sekolah (SD) dan stakeholder atau lintas sektor terkait tentang bagaimana memproduksi, menyiapkan, menyajikan dan memilih pangan yang aman, bermutu dan bergizi, serta advokasi pembentukan JKPD untuk meningkatkan keamanan pangan. Dengan demikian dapat mendukung sektor pariwisata di Sorong dan Raja Ampat melalui pangan yang aman dan bermutu, mengingat Sorong merupakan pintu gerbang Papua Barat dan Raja Ampat menjadi destinasi wisata. Thanks .... masyarakat Rufei – Sorong dan Waisai – Raja Ampat ........ we love you, the nice place and people.

Desa mana lagi yang siap untuk dilakukan kegiatan Keamanan Pangan Terpadu dengan target semua lapisan dan kelompok masyarakat desa ? Info kami ya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Deep Sea Fish Oil Softgel 15 Des 2016, 09:01:55 WIB

    memang harus aman makanannya.. sukses terus bpom indonesia

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Informasi Website Ini Membantu Usaha Anda?
  Sangat Membantu Sekali
  Kurang Membantu
  Membantu

Komentar Terakhir

  • avatar-1

    jasa seo

    Terima kasih atas penjelasan singkat namun padat akan persoalan diatas. Ditunggu lagi ...

    View Article
  • avatar-1

    RSS, RSS Feed

    Need to Improve Website <a href=http://postrss.com>RSS Feed</a> - Post RSS ...

    View Article
  • avatar-1

    Makanan untuk penderita ginjal bocor

    Selamat siang, http://obatpenyakitginjalbocordariteripang.wordpress.com/2 ...

    View Article
  • avatar-1

    Makanan untuk penderita ginjal bocor

    Selamat siang, http://obatpenyakitginjalbocordariteripang.wordpress.com/2 ...

    View Article