Memberikan akses informasi kepada UMKM tentang Regulasi, Teknologi Proses, Permodalan, Pemasaran, dan Manajemen Usaha.

Teknologi Proses


Teknologi Proses adalah kemampuan untuk memahami, mengoperasikan, menutup, menganalisis dan memecahkan masalah proses industri. Teknologi proses mencakup mesin, peralatan dan perangkat yang memberikan kontribusi untuk operasi mengolah bahan dan informasi dan pelanggan untuk menambah nilai. Salah satu contoh penerapan teknologi proses untuk industri, yaitu penerapan pengubahan (kimiawi, biokimiawi, fisik) pada hasil pertanian menjadi produk dengan nilai  ekonomi  yang lebih tinggi seperti Kakao menjadi lemak kakao, bubuk kakao, produk coklat; Kopi menjadi kopi bakar, produk-produk kopi, minuman, kafein; Teh menjadi produk-produk teh, minuman kesehatan, dll. Produk-produk yang dihasilkan ada yang dapat digunakan secara langsung dari sejak tahap awal, seperti rempah-rempah, sari buah dan lainnya, serta ada pula yang menjadi bahan baku untuk industri lainnya, seperti industri makanan, kimia dan farmasi.

Teknologi proses dalam produksi pangan, meliputi pengolahan dengan suhu tinggi, suhu rendah, pengeringan dengan garam, asam, gula, dan bahan kimia, iradiasi, fermentasi, pemanggangan, pemanasan gelombang microwave dan ohmik, ekstrusi dan pengolahan dengan cara menggoreng, termasuk juga pengawetan non termal.

Terdapat 3 macam proses produksi yaitu proses produksi terus menerus, proses produksi terputus-putus dan Proses produksi campuran. proses produksi terus menerus adalah proses produksi barang atas dasar aliran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses.Proses produksi terputus-putus produk diproses dalam kumpulan produk bukan atas dasar aliran terus-menerus dalam proses produk ini.Proses produksi campuranmerupakan penggabungan dari proses produksi terus menerus dan terputus-putus. Penggabungan ini digunakan berdasarkan kenyataan bahwa setiap perusahaan berusaha untuk memanfaatkan kapasitas secara penuh. Untuk mengetahui teknologi proses produksi terbaru, silahkan mengunjungi link-link berikut ini.


No
Judul
Lihat File
1.
Keripik Sanjai
2.
Saus Cabe
3.
Abon Daging
4.
Dendeng Daging
5.
Kerupuk Ceker
6.
Terasi
7.
Ikan Asin
8.
Presto Ikan Bandeng
9.
Saus Tomat
10.
Manisan Buah Basah
11.
Minuman Sari Kedelai
12.
Permen Karamel
13.
Telur Asin
14.
Kerupuk Kulit
15.
Ikan Asin Jambal Roti
16.
Usus Goreng
17.
Es Puter
18.
Selai Buah
19.
Nata De Coco Lembaran
20.
Nata De Coco Kemasan
21.
Minuman Serbuk Jahe
22.
Dodol Ketan
23.
Jeli Buah
24.
Bumbu Kacang/Bumbu Pecel
25.
Cabai Bubuk
26.
Wajit Ketan
27.
Emping Melinjo
28.
Kacang Atom
29.
Kerupuk Kemplang
30.
Lempok Durian
31.
Wingko Babat
32.
Kerupuk Amplang
33.
Rendang Telur
34.
Sambal Dalam Kemasan
35.
Manisan Rumput Laut
36.
Tape Ketan
37.
Brem Padat
38.
Tiwul
39.
Pisang Sale
40.
Keripik Buah Nangka
41.
Gula Kelapa Cetak
42.
Kecap Asin
43.
Kecap Manis
44.
Sirup Gula
45.
Madu



Punya Masalah?

Kami ada dan siap memberikan solusi untuk anda.

Hubungi Kami