Memberikan akses informasi kepada UMKM tentang Regulasi, Teknologi Proses, Permodalan, Pemasaran, dan Manajemen Usaha.

Teknologi Pengemasan

Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran). Di samping itu pengemasan berfungsi untuk menempatkan produk hasil pengolahan agar mempunyai bentuk-bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi. Dari segi promosi, wadah atau pembungkus berfungsi meningkatkan daya tarik pembeli, karena itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu dipertimbangkan secara matang dalam perencanaannya.

Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, dijelaskan ada bermacam kemasan pangan, yaitu Gelas (Glass), Plastik, Karton / Kertas, Kaleng, Aluminium Foil, Daun dan lain-lain. 

MAU TAHU TENTANG KEMASAN DAN PEMILIHANNYA AGAR SESUAI DENGAN PRODUK PANGAN ATAU KEMUDAHAN DALAM DISTRIBUSI PEMASARANNYA? Silahkan cek tautan (link) dalam tabel berikut ini:


No Produk pangan Lihat File
1 Pedoman Pemilihan Jenis Kemasan Pangan Download
2 Pemilihan Kemasan Pangan Untuk Daging dan Susu Olahan Download
3 Teknologi Pengemasan, Desain dan Pelabelan Kemasan Produk Makanan Download
4 Smart packaging, Teknologi Pengemasan Bahan Pangan Berbasis Nanokomposit Download



Punya Masalah?

Kami ada dan siap memberikan solusi untuk anda.

Hubungi Kami